Jika Tetap Lantik Budi Gunawan, Jokowi Dinilai Buka Peluang ‘Impeachment’

Covesia.com – Wakil Ketua Komisi III DPR-RI, Benny K Harman mengkhawatirkan jika pelantikan Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri dilanjutkan akan berdampak terhadap Presiden Jokowi akan tersandera persoalan politik. Ketika Presiden tetap melantik Komjen BG, Benny menilai, ada celah masuk untuk ‘impeachment’ atau pemakzulan terhadap Jokowi.

“Ini membuat Presiden dalam posisi yang tidak baik. Bagaimana seorang kepala yang cacat hukum dijadikan enegak hukum oleh Presiden” ucap Benni pada Covesia.com Juma’at Siang di Jakarta, (16/1/2015).

Dia mengingatkan, agar Presiden lebih berhati-hati dalam setiap pengambilan keputusan. Jangan sampai memutuskan kebijakan yang bertentangan dengan undang-undang. “Kalau tetap melantik seorang tersangka, jelas Presiden sudah melangkahi undang-undang, apalagi kalau nanti terbukti benar di pengadilan” jelasnya.

Budi Gunawan sebelumnya secara aklamasi lolos uji kelayakan oleh komisi III DPR-RI (14/1), dan disetujui dalam paripurna DPR (15/1) oleh mayoritas anggota DPR. Namun, penetapan Komjen BG bukan berarti tanpa hambatan. Dua fraksi dalam paripurna DPR, yaitu PAN dan Demokrat yang keberatan menerima, karena status BG sebagai tersangka.

“Presiden harusnya melihat kalau masih ada persengketaan hukum terkait status Budi Gunawan. Jangan nanti justru ini yang menyandera Presiden. Hak preogratif memang ada, tetapi tidak boleh sembarangan” ujarnya.

(pat/zik)

0 Comments

Leave a Comment

eleven − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password