LIPI: Legitimasi Presiden Berkurang Jika Budi Gunawan Dilantik

Covesia.com – Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego berpendapat, jika calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sudah dilantik maka legitimasi presiden akan berkurang.

“Jelas legitimasi dan kepercayaan terhadap Presiden Joko Widodo akan berkurang di mata masyarakat,” kata Indria Samego di Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Hal ini disebabkan karena calon Kapolri tersebut masih bermasalah dengan hukum, yaitu dinyatakan statusnya sebagai tersangka rekening tidak wajar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Presiden saya rasa sudah tahu dampaknya, tetapi jika tetap dilakukan, ya kebijakan patut diperhitungkan lagi,” ujarnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo lebih menuruti aspirasi partai politik daripada aspirasi dari rakyatnya sendiri. “Dulu presiden yang memilih kan rakyat. Jadi sudah seharusnya mendengarkan rakyatnya, bukan kekuasaan yang lain,” ucap Indria.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara hukum dan negara demokrasi, jadi harus patuhi hukum serta jalankan amanat demokrasi. “Kalau semaunya sendiri, ya setiap hari siap-siap mendapat kritikan dari berbagai pihak, karena pemerintah pasti sudah memperhitungkan dampaknya,” tambahnya. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

14 − nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password