Organda: Kemungkinan Tarif Angkutan Umum Ikut Turun

Covesia.com – Organisasi Angkutan Darat (Organda) mengungkap bahwa penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) premium dan solar yang akan berlaku mulai Senin (19/01/2015) pukul 00.00 WIB itu tidak menutup kemungkinan tarif angkutan umum juga akan ikut turun.

“Kemungkinan untuk turun pasti ada, karena kami operator juga tidak ingin membebani publik,” kata Ketua Umum Organda, Sari Eka Lorena Surbakti, Jumat (16/01/2015).

Eka mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait pengaruh penurunan harga BBM terhadap biaya operasional.

“Organda akan melakukan evaluasi pengaruhnya terhadap biaya operasional tidak tertutup kemungkinan ada penyesuaian tarif kelas ekonomi,” ujarnya.

Eka juga menyebutkan, penurunan tarif kelas ekonomi tersebut, termasuk angkutan kota, angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP).

“Namun, kemarin-kemarin harga suku cadang dan lainnya tidak ada yang turun, malah banyak juga BBM turun tapi ketersediannya tidak ada,” tandasnya.

Eka memperkirakan dampak penurunan harga BBM berpengaruh dari lima hingga delapan persen, baik untuk angkutan penumpang dan barang. Sementara kebutuhan BBM sendiri menyumbang 30 persen dari biaya operasional.

Namun, Eka mengakui masih perlu dilakukan perhitungan teknis terkait besaran penurunan tarif angkutan untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah. Perhitungan teknis tersebut, meliputi harga suku cadang, harga barang-barang lainnya baik yang berdampak langsung dan tidak langsung. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password