Pasar Saham Utama Eropa Dibuka Melemah

Covesia.com – Pasar-pasar saham utama Eropa melemah pada awal perdagangan Jumat (16/1/2015), dengan perhatian tertuju pada ECB setelah aksi mengejutkan bank sentral Swiss menghapus upayanya selama tiga tahun untuk menghentikan franc dari penguatan.

Indeks FTSE 100 di London turun 0,45 persen menjadi 6.469,65 poin dibandingkan dengan penutupan Kamis.

Indeks DAX 30 di Frankfurt merosot 0,47 persen menjadi 9.985,51 poin dan indeks CAC 40 di Paris kehilangan 0,45 persen menjadi 4.303,55.

Pasar saham utama Eropa telah menguat pada Kamis, setelah bank sentral Swiss mencabut kebijakan untuk menghentikan penguatan mata uangnya melebihi 1,20 terhadap euro, mengirim franc melonjak.

Sebuah euro yang lebih murah menguntungkan perusahaan ekspor dari zona euro, sementara franc Swiss yang lebih kuat membuat produknya lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Indeks saham utama Swiss turun lebih dari 3,0 persen di awal perdagangan Jumat.

Fokus juga menguat pada Bank Sentral Eropa, yang akan memutuskan skala pembelian surat utang yang direncanakan pada pertemuan pekan depan, anggota dewan mengatakan Jumat, sebuah tanda jelas bahwa ECB akan meluncurkan langkah stimulus kontroversial.

“Kami akan mengambil pengalaman Amerika dan Inggris untuk menentukan jumlah surat utang yang dibeli sehingga membangun kembali kepercayaan dan membawa inflasi kembali ke tingkat dekat dengan dua persen, dengan tetap memperhatikan kekhususan kelembagaan zona euro,” kata Benoit Coeure kepada surat kabar Prancis Liberation, sebagaimana dilaporkan AFP. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

20 − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password