Kemendesa Bakal Bentuk Tim Verifikasi Program CSR

Covesia.com – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam waktu dekat ini bakal membentuk tim verifikasi penyaluran dana perusahaan melalui program CSR untuk desa. Tim tersebut akan melakukan survey semua kebutuhan desa-desa yang berada di sekitar industri.

Program CSR untuk masyarakat di desa, diyakini akan mampu membantu melengkapi sarana dan penunjang bagi warga desa seperti pemberdayaan keterampilan, pendidikan dan kesehatan.

Menurut Rilis yang diterima Covesia, Jumat (16/1), menyebutkan kondisi masyarakat desa sekitar perusahaan di sektor tambang, kehutanan dan industri saat ini terbilang cukup memprihatinkan. Kondisi itu, tidak hanya pemerintah yang dibebankan untuk memperhatikan, namun juga perusahaan punya tanggung jawab untuk daerah sekelilingnya.

“Hasilnya, kita akan sinergikan antara kebutuhan desa dengan perusahaan. Sehingga program CSR bisa dimaksimalkan untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan wilayah sekitar perusahaan,” ujar Menteri Marwan Jafar.

Program CSR ini diatur dalam pasal 74 UUPT serta pasal 15 huruf b 25/2007 bahwa setiap perusaan harus menjalankan program corporate social responsibility (CSR) dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang sudah diatur oleh pemerintah. Jika pihak perusahaan tidak menjalankannya dengan baik, maka akan dikenakan sanksi-sanksi.

(aan/zik)

0 Comments

Leave a Comment

six − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password