Ribuan Orang Turun Kejalan Protes Charlie Hebdo di Aljazair

Covesia.com – Ribuan orang turun ke jalan di Ibu Kota Aljazair, Ajier, pada Jumat (16/1/2015) guna memprotes kartun Nabi Muhammad SAW, yang telah disiarkan di edisi terkini mingguan Prancis Charlie Hebdo.

Kantor Berita AFP melaporkan, polisi anti-huru-hara dikerahkan di jalan utama Aljier guna mencegah pemrotes mencapai beberapa lembaga negara. Pemrotes memulai pawai mereka dari Bundara 1 Mei di pusat kota Aljier dan bergerak ke arah Boulevard Zighout Youcef, tempat parlemen berada. Mereka meneriakkan slogan yang mengagungkan Nabu Muhammad SAW.

Namun bentrokan terjadi saat gas air mata dan peluru putih digunakan untuk membubarkan massa, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

Pada 7 Januari, tiga pria bersenjata memasuki lingkungan gedung mingguan satiris Charlie Hebdo dan menewaskan 12 orang, termasuk wartawan dan polisi. Para penyerang tersebut mengatakan tindakan itu adalah “pembalasan atas karikatur yang mencemooh Nabi Muhammad SAW yang disiarkan oleh mingguan itu.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Aljazair Ramtane Lamamra ikut dalam pawai yang diselenggarakan di Paris guna memprotes serangan terhadap mingguan Prancis tersebut.

Barat menyatakan kartu yang melecehkan Nabi Muhammad SAW itu adalah “bagian dari kebebasan menyampaikan pendapat”. Tapi gambar tersebut dipandang sebagai pelanggaran dan aksi penghujatan di Dunia Muslim. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

17 − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password