KJRI Shanghai Segera Pastikan Kondisi WNI Hilang

Covesia.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai Tiongkok segera memastikan kondisi salah satu WNI yang dikabarkan hilang setelah sebuah kapal tunda atau kapal penarik tenggelam dalam pelayaran percobaan di Sungai Yangtze, Kamis (15/1).

Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Shanghai, Faraiditto Suharyonoo dikutip dari Antara di Beijing, Sabtu (17/1/2015), mengatakan pihaknya pada hari ini menuju provinsi Jiangsu untuk berkoordinasi terkait kondisi WNI yang diidentifikasi bernama Aif Rifadi.

KBRI Beijing menyatakan, keberadaan Aif Rifadi dalam kapal itu, disampaikan oleh diplomat Singapura bahwa dari beberapa korban yang hilang salah satunya berkewarganegaraan Indonesia.

“Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi Pemerintah Provinsi Jiangsu,” kata Kepala Fungsi Penerangan dan Sosbud KBRI Beijing, Santo Darmosumarto.

Pemerintah provinsi Jiangsu menyampaikan bahwa kapal telah berhasil diangkat dan kini dalam proses penyelamatan. Kapal berbendera Singapura, JMS Delta, sedang dalam pengujian di Jingjiang Kota Taizhou provinsi Jiangsu, Kamis (14/1) sekitar pukul 15 siang lalu.

Dalam kapal itu terdapat 24 – 25 orang, termasuk pemilik kapal dan teknisi. Delapan di antaranya warga negara asing yaitu empat warga Singapura, satu Indonesia, satu Malaysia, satu India, dan seorang warga Jepang.

Tiga orang berhasil diselamatkan, sisanya atau sekitar 22 orang masih hilang. Beberapa orang dikabarkan terperangkap di kabin kapal. Tujuh atau delapan orang hilang, termasuk warga Singapura, India, dan Jepang. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

two × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password