BEM Se-Nasional: Penetapan Tersangka Budi Gunawan Bernuansa Balas Dendam

Covesia.com – Pro dan kontra terhadap penetapan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin memanas. Tidak hanya terjadi di balai parlemen, namun juga di kalangan mahasiswa.

Presidium Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Nasional, Syaefuddin Ahrom Al Ayubbi menduga telah terjadi permainan politik di internal KPK, dalam menetapkan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan.

“Penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan rekening gendut oleh KPK sarat dengan nuansa politik dan balas dendam kepentingan pribadi. Seharusnya KPK jangan terjebak dalam politik praktis,” kata Syaefuddin melalui keterangan persnya di Jakarta, Sabtu (17/01/2015).

Syaefuddin mengharapkan komisi anti rasua yang dikomandani Abraham Samad itu, dapat berdiri independen tanpa menjadi alat kepentingan politik tertentu.

“Kita menolak kriminalisasi Komjen Pol Budi Gunawan, karena hal ini sarat dengan kepentingan. Ada permainan persaingan tidak sehat yang terjadi,” ujarnya.

Kuatnya nuasa politik dalam keputusan KPK dapat dilihat dari penetapan status Komjen Pol Budi Gunawan menjadi tersangka yang dilakukan secara spontan dan mengesampingkan asas praduga tak bersalah.

“Ini tindakan gegabah KPK atas Komjen Budi Gunawan. Presiden Joko Widodo pasti sudah punya rekam jejak prestasi dan pengabdian beliau. Sebagai institusi hukum, Sebelum menetapkan seharusnya KPK punya alat bukti yang kuat, bukan malah berpolitik,” jelannya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan terkait persoalan hukum. Presiden menginstruksikan, pergantian jabatan Kapolri, Sutarman dipegang oleh Wakapolri, Komjen Badrodin Haiti, Jumat (16/01/2015).

Hingga kini pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri terpilih oleh presiden ditunda sampai proses hukum yang bersangkutan diselesaikan. (pjr/peb)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password