Praktisi Hukum: Pecat Sutarman, Presiden Langkahi UU

Covesia.com – Ketua Serikat Pengacara Rakyat, Habiburokman mengatakan pengangkatan Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Peksana Tugas (Plt) Kapolri dan mengantikan sementara Kapolri Jendral Sutarman oleh Presiden Jokowi dinilai tidak tepat.

Habiburokman menjelaskan pencopotan jabatan kepala kepolisian negara juga harus melalui persetujuan DPR, dan hanya bisa dilakukan jika negara dalam keadaan darurat.

Ia menilai presiden telah melanggar pasal 11 ayat (5) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Tidak ada urgensi sehingga Jendral Sutarman harus diberhentikan sepihak oleh Presiden. Negara juga tidak dalam keadaan darurat. Dalam UU negara ini diatur, bahwa memberhentikan Kapolri itu harus ada persetujuan DPR,” jelanya, Sabtu (17/01/2015).

Secara Yuridis dalam undang-undang kepolisian, Presiden bisa memberhentikan Kapolri secara sementara, apa bila yang bersangkutan melakukan perbuatan melanggar undang-udang, dan membahayakan negara.

Namun, menurut Habiburokhman, Kapolri Sutarman sama sekali tidak melanggar sumpah jabatan dan juga tidak membahayakan keselamatan negara.

Habiburokman menegaskan keputusan presiden menunjuk pelaksana tugas baru Kapolri, dan cara Presiden memberhentikan Kapolri Jendral Sutarman secara yuridis merupakan tindakan inskonstitusional dan melangkahi undang-undang.

“Pelimpahan tugas dan sekaligus wewenang ini melampaui apa yang diatur UU Nomor 2 Tahun 2002,” Tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi memberhentikan Kapori Jenderal Pol Sutarman, dan menyerahtugaskannya pada Wakapolri, Komjen Pol Badrodin Haiti, Jum’at (16/01/2015) di Istana Negara, Jakarta.

Hal tersebut dilakukan Presiden Jokowi, terkait penundaan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan yang terjerat persoalan hukum dengan KPK. Presiden mengatakan baru akan melantik Komjen Budi Gunawan jika persoalan hukumnya telah selesai. (pjr/peb)

0 Comments

Leave a Comment

three × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password