BNPB Dirikan 16 Pos Siaga Banjir di Wilayah Ibukota Jakarta

Covesia.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendirikan pos perkuatan di sejumlah titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya guna mewaspadai ancaman banjir.

“Pendirian pos perkuatan dilakukan sesuai dengan prakiraan bahwa ancaman banjir akan meningkat memasuki bulan Januari,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu (17/1/2015).

Dia menjelaskan, sebanyak 16 pos perkuatan di wilayah Jakarta telah didirikan.

“Ini merupakan bagian dari 28 pos yang akan ditempatkan di tengah-tengah masyarakat. Setiap pos perkuatan beranggotakan tim dari BNPB, TNI, resimen mahasiswa dan lain sebagainya,” katanya.

Sebelumnya, Deputi bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto telah berkunjung ke tiga pos perkuatan di wilayah Kelurahan Tanjung Priok, Warakas dan Sunter Jaya.

Tri Budiarto mengatakan, pos perkuatan didirikan sebagai dukungan terhadap pemerintah daerah setempat.

Deputi menekankan bahwa BNPB tetap mengedepankan pemerintah daerah untuk memimpin dan menkoordinir penanganan ancaman banjir di wilayah masing-masing.

Sementara BNPB dan lembaga lain di tingkat pusat hanya sebagai pendukung.

Tri Budiarto menambahkan bahwa pos perkuatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan bersama dalam penanggulangan bencana banjir di Jakarta dan wilayah sekitarnya. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

one × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password