Kemenkeu Perlu Proritaskan Program Kementerian Desa

Covesia.com – Hadirnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam pemerintahan kali ini menjadi magnet baru bagi aparat dan masyarakat desa. Sebab, dengan adanya nomenklatur kementerian baru yang akan fokus memperhatikan pembangunan dan pemberdayaan desa ini sangat diharapkan berdampak baik terhadap kondisi pedesaan yang selama ini masih kurang mendapat perhatian.

Melalui press rilis yang diterima Covesia, Kemendes memasukkan program pembangunan desa dalam ‘Nawa Kerja’ sebagai salah satu program prioritas lima tahun kedepan. Dengan memprioritaskan pembangunan desa, diharapkan akan terjadi perkembangan desa ke arah yang lebih baik dalam lima tahun ke depan.

Harapan itu tentu saja membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah, terutama Kementerian Keuangan yang telah menetapkan pagu anggaran untuk Kemendesa PDTT sebesar Rp36 triliun dalam waktu lima tahun. Besarnya anggaran tersebut tentu mengacu pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, berdasarkan

beban kewenangan Kemendesa PDTT yang semakin luas.

“Dalam RPJMN yang sudah dirancang, Kementerian Desa mendapat anggaran Rp36 triliun selama lima tahun pemerintahan. Dengan anggaran tersebut diharapkan bisa maksimalkan tugas sesuai kewenangan kita, ya salah satunya membangun desa itu,” sebut Menteri Marwan Jafar.

Hanya saja, kata Marwan, jika melihat luasnya wewenang dan Nawa Kerja Kemendesa, seyogyanya Kemenkeu perlu mempertimbangkan target pembanguan desa dari sektro lainnya, termasuk sektor ekonomi yang dapat mendorong kemandirian desa seperti pendirian BUMDesa.

“Kita punya target mendirikan BUMDes di lima ribu desa per tahun. Tapi dengan anggaran dalam RPJMN Kemendesa hanya mampu mendirikan dua ribu BUMDes dalam kurun waktu lima tahun,” urainya.

“Karena itu, saya berharap akan ada revisi RPJMN ke depan, tentu dengan harapan dapat memenuhi target kita dalam membangun desa mandiri dalam lima tahun ke depan,” tutupnya.

(aan/zik)

0 Comments

Leave a Comment

18 + 15 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password