Kusta Masih Tinggi di Daerah Pesisir Indonesia

Covesia.com – Kasus baru penyakit Kusta hingga triwulan ketiga 2014 menurun di Indonesia. Meski demikian, saat ini masih ada 14 provinsi dengan beban kusta tertinggi, terutama yang berada di daerah pesisir pantai utara (Pantura). Provinsi tersebut seperti di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Papua dan Papua Barat, Maluku, Aceh dan lainnya.

“Tidak semua provinsi merah (kasusnya banyak), tetapi umumnya kasus tinggi di daerah Pantura atau pesisir pantai kabupaten tertentu,” ujar Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Sigit Priohutomo dalam keterangan pers yang diterima covesia di Jakarta, Sabtu (17/1/2015).

Ia mengungkapkan, dari data situasi epidemologi Kusta tahun 2013, jumlah kasus baru kusta sebanyak 16.825 kasus dengan angka kecacatan 1.677 atau sekitar 10 persen dari kasus yang ditemukan. Angka penemuan kasus baru kusta lebih dari 10 per 100.000 penduduk atau lebih dari 1.000 kasus per tahun. Sedangkan pada triwulan ketiga 2014, jumlah kasus barunya menurun menjadi 8.526 kasus dengan jumlah kecacatan 759.

Sampai saat ini, lanjutnya, baru 20 provinsi yang sudah berhasil mengeliminasi kusta. Pihaknya menargetkan eliminasi kusta secara nasional di 2019. Untuk itu akan dilakukan upaya diantaranya melalui peningkatan penemuan kasus secara dini di masyarakat, pelayanan kusta yang berkualitas termasuk layanan rehabilitasi yang diintegrasikan dengan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. (baca juga: Indonesia Peringkat Ketiga Dunia Kasus Kusta)

(jon/zik)

0 Comments

Leave a Comment

4 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password