Berkas Curanmor di Pasaman Dilimpahkan Polisi ke Kejaksaan

Covesia.com – Berkas perkara kasus pencurian sepeda motor (curanmor) dengan tersangka dibawah umur berinisial AR (16) sudah dilimpahkan pihak kepolisian kepada Kejaksaan Negeri Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, Sumbar. AR merupakan satu dari tiga orang tersangka kasus curanmor di wilayah hukum Polres Pasaman.

Sedangkan berkas perkara dua tersangka lainnya berinisial MI (30) dan WA (14) yang diringkus bersamaan dengan AR, kini masih menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Payakumbuh. Kasus curanmor yang melibatkan tiga warga Lubuksikaping, Pasaman itu terungkap berkat kerjasama antara dua institusi kepolisian, yakni Polres Pasaman dan Polres Payakumbuh.

Kapolres Pasaman melalui Kasat Reskrim, AKP. Rudi Munanda mengatakan berkas kasus tersebut sudah P21. Tersangka AR dan barang bukti sudah diserahkan ke pihak kejaksaan. Tersangka AR terlibat dalam kasus pencurian dengan pemberatan, membongkar rumah, bersama dengan dua rekannya yang juga terlibat kasus curanmor di Payakumbuh.

Kasat Reskrim menjelaskan kasus curanmor dengan tersangka AR harus dikebut, menyusul adanya regulasi baru, sesuai dengan perintah undang-undang tentang perlindungan dan peradilan anak. Kepolisian hanya memiliki waktu 15 hari melakukan proses penyidikan bagi tersangka dibawah umur. 7 hari ditingkat penyidik kepolisian, ditambah 8 hari perpanjangan kejaksaan.

Kedua tersangka lainnya akan dilanjutkan di Pasaman, jika proses pemeriksaan keduanya di Polres Payakumbuh rampung dilakukan. Tersangka dijerat dengan pasal berlapis, tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

16 + nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password