Miliki Tenaga Operasional Sendiri, Pasbar Urus Izin Tetap Bandara PAN

Covesia.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar kembali mengurus izin operasional Bandara Pusako Anak Nagari (PAN) ke Kementrian Perhubungan RI di Jakarta. Sebab, izin sementara sudah habis masa berlakukan. Diharapkan awal Februari 2015 bandara PAN Pasaman Barat bisa kembali beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Bobby F Riza ketika dikonfirmasi covesia.com, Minggu (18/1-2015) mengatakan tahun 2014, bandara PAN Pasaman Barat hanya mendapat izin sementara karena personel belum dimiliki. Pemkab Pasaman Barat masih meminjam dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan ATKP Medan, Provinsi Sumatera Utara.

“Tahun ini anggota kita yang pendidikan di AKTP Medan sudah lulus dan sudah punya lisensi untuk mengoperasionalkan bandara. Makannya kita sudah bisa mengurus register tetap ke Kementrian Perhubungan RI” kata Bobby.

Jadi, penerbangan pesawat Susi Air diperkirakan baru dimulai pada awal Februari 2015. Penghentian penerbangan Pasaman Barat-Padang untuk sementara karena alasan tender sedang berlangsung, bukan persoalan musibah jatuhnya pesawat.

“Penghentian terbang karena dana subsidi sekitar Rp2 miliar dari APBN 2015 masih dalam proses menunggu lelang di Jakarta. Tahun 2014, Susi Air melayani penumpang tiga kali penerbangan dalam seminggu. Dengan dana subsidi sekitar Rp600 juta dari APBD Kabupaten Pasaman Barat tahun 2014” sebutnya.

Namun, diperkirakan tahun ini hanya satu atau dua kali seminggu terbang dengan rute Padang-Pasaman Barat begitu juga sebaliknya.

(man/zik)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password