PWI Sumbar Gelar Ujian Penerimaan Anggota Baru di Mentawai

Covesia.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mentawai ditunjuk menjadi penyelenggara ujian penerimaan anggota baru dan ujian kenaikan status bagi anggota muda menjadi anggota biasa. Pelaksanaan ujian yang akan digelar pada Senin (19/1/2015) di Tuapejat itu telah mendapat persetujuan dari pengurus PWI Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Ketua Bidang Pendididan PWI Provinsi Sumatera Barat, Heranof Firdaus kepada covesia.com mengatakan, ujian penerimaan anggota baru dan juga ujian kenaikan status keanggotaan dari anggota muda ke anggota biasa PWI lazimnya digelar di PWI provinsi, namun pada tahun 2015 ini PWI Kabupaten Mentawai ditunjuk untuk melaksanakannya, meski tim penguji tetap dari PWI Provinsi.

“Ini untuk pertama kalinya kita lakukan di PWI Kabupaten, sebagai uji coba jadi tidak harus provinsi. Nah kita lihat semangat kawan-kawan di Mentawai, dan ini juga ada kaitanya dengan persiapan HPN tingkat Sumbar yang tahun ini juga bakal digelar di Mentawai,” ujar Heranof.

Kata Heranof, ujian keanggotaan merupakan salah satu syarat yang harus dilalui oleh seorang wartawan yang ingin bergabung dengan organisasi kewartawanan terbesar di Indonesia ini. Dengan adanya seleksi seperti ini, maka tidak sembarangan orang yang mengaku-ngaku wartawan bisa masuk sebagai anggota PWI.

“Jadi anggota PWI itu benar-benar wartawan yang menjalani profesi dengan baik, terdaftar dan bekerja di media resmi,” ungkapnya.

Untuk bisa mengikuti ujian penerimaan anggota baru itu, para wartawan harus menyiapkan persyaratan administrasinya yaitu mengisi formulir yang disediakan panitia, melampirkan SK pemimpin redaksi tempat wartawan bekerja, pasfoto 3 x 4 sebanyak 2 lembar, melampirkan ijazah terakhir minimal DIII yang sudah dilegalisir dan biaya administrasi sebesar Rp300 ribu.

“Kepada wartawan yang akan mengikuti ujian syarat-syarat ini harus diserahkan paling lambat tanggal 19 Januari 2015,” ungkapnya.

Adapun materi yang akan diuji adalah terkait dengan dunia jurnalistik dan pengetahuan umum. Untuk bidang jurnalistik materi ujian terkait kode etik jurnalistik UU nomor 40 tahun 1999, dan teknik jurnalistik.

Sementara Ketua PWI Mentawai, Erianto Leo menyebutkan sampai minggu (18/1/2015) jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 52 orang wartawan, 30 orang diantaranya adalah wartawan yang menjalankan tugas jurnalistiknya di Mentawai.

Menurut rencana, kata Erianto acara akan dibuka langsung oleh Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, dan dihadiri langsung ketua PWI provinsi Sumatera Barat, Basril Basyar beserta para pengurus PWI Sumbar. (bim/yok)

0 Comments

Leave a Comment

4 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password