- Advertisement -
BerandaNewsPenggunaan Internet Sehat dan Aman, Pemerintah Mengeluarkan Peraturan Menteri

Penggunaan Internet Sehat dan Aman, Pemerintah Mengeluarkan Peraturan Menteri

- Advertisement -

Samarinda – Sebagai wujud ketegasan penggunaan internet sehat dan aman, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 19 Tahun 2014 yang ditandatangani pada 7 juli 2014. Agar di daerah ini kemajuan teknologi informasi ini benar-benar bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur e-Business Kementerian Kominfo Azhar Hasyim di Samarinda, Rabu.(5/11/2014)ketika menjadi pembicara dalam sosialisasi e-Business dengan tema perkembangan penanganan situs internet bermuatan negatif. Acara itu digelar di Hotel Aston Samarinda.

Menurut Azhar, penanganan situs internet bertujuan memberikan acuan bagi pemerintah dan masyarakat terhadap pemahaman situs internet bermuatan negatif dan peran bersama dalam penangananya. Termasuk untuk melindungi kepentingan umum dari konten negatif seperti situs porno, kekerasan, dan lainnya.

Azhar menambahkan,konten negatif di internet mayoritas berada pada server di luar negeri. Kondisi ini tentu membuat pihaknya sulit menanganinya, kecuali memblokir.

Berdasarkan UU Nomor 11/2008 tentang ITE, terutama dalam pasal 40, pemerintah memiliki tugas sebagai regulator, fasilitator, dan inisiator melakukan penanganan situs internet bermuatan negatif.

"Sejauh ini pemerintah terus melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan sebagai akibat penyalahgunaan informasi elektronik, termasuk transaksi elektronik yang menganggu kepentingan umum,pungkasnya (ant/Don)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -