Partai Hanura Prioritaskan Kader

Sumbar – Jelang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 13 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2015, partai politik pun mulai menyiapkan diri. Salah satunya, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Pesisir Selatan.

Partai Hanura yang berhasil mendudukkan lima kadernya di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan itu, saat ini sudah menyiapkan sejumlah kader terbaiknya untuk maju pada Pilkada tahun 2015.

“Kader tetap menjadi prioritas utama bagi Partai Hanura dalam pencalonan Pilkada Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2015. Meski demikian tidak tertutup kemungkinan bagi putra terbaik kabupaten ini yang berada di luar kader Partai Hanura, ” kata Ketua DPC Partai Hanura Pesisir Selatan, Sabaruddin di Painan, Kamis (6/11/2014).

Lima kader tersebut diantaranya Welly Hendra (anggota DPRD Pesisir Selatan), Azwan (anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2009-2014), Priyanto salah seorang pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Sumbar dan Dona Satria Putra (Sekretaris DPC Hanura Pesisir Selatan).

“Mereka adalah kader-kader terbaik Partai Hanura yang juga merupakan putra Pesisir Selatan. Meski demkian siapa diantara mereka yang akan diusung nantinya tetap ditentukan oleh hasil survey internal Partai Hanura,” katanya.

Sejumlah nama di luar kader Partai Hanura yang disebut-sebut akan ikut ambil bagian menjadi bakal calon bupati pada Pilkada Pesisir Selatan tahun 2015, yakni Rusma Yul Anwar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan.

Lainnya, yakni Syafrizal merupakan salah seorang pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi Sumbar, Alirman Sori (mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2009-2014), Bakri Bakar (mantan pejabat eselon II Pemkab Solok Selatan) dan Saidal Masfiyuddin (anggota DPRD Sumbar).

Meski nama-nama tersebut bukan kader Partai Hanura, namun diantara mereka tidak tertutup kemungkinan diusung Partai Hanura bersama partai koalisinya pada Pilkada 2015 karena semuanya merupakan putra terbaik Pesisir Selatan.

Sementara Wakil Ketua DPC Hanura Pesisir Selatan, M Adli mengatakan, DPC Partai Hanura Kabupaten Pesisir Selatan tetap mengedepankan elektabilitas serta kapabilitas seseorang untuk memimpin dalam pengusungan sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2015.

DPC Hanura Pesisir Selatan menargetkan calon yang diusungnya menang dalam pilkada tahun 2015. Meski demikian, nama yang akan diusung untuk Pilkada tahun 2015 merupakan hasil kesepakatan dengan partai koalisi karena dengan lima kadernya yang duduk sebagai anggota DPRD kabupaten setempat saat ini belum cukup untuk mengusung satu calon pada Pilkada 2015.

Terkait partai yang akan menjadi koalisi Partai Hanura pada pilkada nanti, pihaknya belum dapat menyebutkan karena hingga kini belum ada negosiasi serius dengan berbagai politik yang ada di kabupaten itu.

“Kemungkinan berkoalisi dengan partai di luar Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bisa saja terjadi karena Hanura tidak dapat mengusung satu calon sendiri. Meski demikian tidak terlepas dari kesepakatan bersama antara Partai Hanura dengan partai koalisi,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

10 − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password