- Advertisement -
HomeNewsPinjaman Online Menggiurkan, OJK Minta Konsumen Teliti

Pinjaman Online Menggiurkan, OJK Minta Konsumen Teliti

- Advertisement -

Covesia.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau para konsumen untuk teliti sebelum melakukan pinjaman online karena banyak yang ilegal alias bodong.

“Pinjaman online saat ini memang menggiurkan akan tetapi konsumen diminta teliti dan jeli jika ditawarkan pinjaman online,” ungkap Darwisman, Kepala OJK Sumbar, Jumat (6/12/2019).

Ia menambahkan pinjaman online memang menggiurkan karena prosesnya yang mudah dan cepat. Namun untuk menghindari adanya pinjaman online bodong maka konsumen bisa mencari tahu apakah tawaran pinjaman online itu terdaftar di OJK. 

“Jika ragu konsumen ataupun masyarakat bisa mengaksesnya di website OJK,” katanya. 

Hingga 30 Oktober 2019, OJK mencatat ada 144 fintech (finance technology) yang terdaftar di OJK, namun yang sudah ada izin baru 13 usaha. Disamping itu juga ada 1898 pinjaman online yang ilegal. 

“Karena sejauh ini OJK telah menangani 4 pengaduan konsumen terkait pinjaman online,” sebutnya. 

Jika usaha itu terdaftar di OJK dan konsumen merasa dirugikan, bisa membuat aduan ke OJK. Akan tetapi jika usaha itu bodong maka itu menjadi ranah hukum. 

“Masyarakat juga bisa membuat aduan pada Satgas Waspada Investasi yang ada, baik OJK, pihak kepolisian, BI dan pemerintahan,” tuturnya. 

(deb) 

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =