- Advertisement -
BerandaNewsSisa Donasi Sumbar Peduli yang Dikumpulkan Pemprov, Diserahkan 7 Januari ke Korban...

Sisa Donasi Sumbar Peduli yang Dikumpulkan Pemprov, Diserahkan 7 Januari ke Korban Wamena

- Advertisement -

Covesia.com – Kerusuhan yang terjadi di Wamena September lalu menyebabkan korban jiwa dan ratusan toko terbakar. Menyikapi hal tersebut pemerintah Sumbar menggalang donasi untuk membantu para korban.

Donasi yang digalang mencapai 6 Milyar lebih dan dengan dana tersebut setiap korban dibantu. Sampai hari ini, masih tersisa dana 3 Milyar lebih. Pihak pemerintah berencana akan serahkan bantuan tersebut pada korban kerusuhan.

“Alhamdulilah, hari ini setelah rapat diputuskan bahwa korban Wamena mendapatkan bantuan Rp 20 juta per pintu,” ungkap Kepala Biro Bina Mental, Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah kepada wartawan di kantor Gubernur Sumbar, Jumat (20/12/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan sedang untuk anak sekolah SD dibantu Rp 500 ribu, SMP Rp 750 ribu dan SMA Rp 1 juta.

Namun, karena masih ada data yang belum valid dana belum bisa diserahkan sekarang. Pihak Pemerintah memberi tenggat waktu sampai tanggal 6 Januari mendatang kepada IKM Wamena guna mendata lagi. “Jika sudah valid tanggal 7 Januari 2020 kita bisa serahkan ke korban,” ungkapnya.

Selain data yang masih belum valid Syaifullah juga mengatakan akhir tahun bank tutup buku.

Tak hanya itu Ia menyampaikan ada 2 titik tempat penyerahan bantuan yang berasal dari donasi tersebut. “1 titik di Painan untuk 105 orang, 1 titik lagi di Kambang untuk 25 orang di hari yang sama,” terangnya.

Syaifullah menyebutkan ada 130 toko yang terbakar dan 1 toko rata-rata dimiliki oleh satu keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga 4-5 orang.

Selain toko dan anak sekolah pemerintah juga akan membantu korban yang tidak memiliki toko dan bukan anak sekolah. “Artinya mereka yang bekerja pada orang lain namun setelah pulang tidak punya pekerjaan, tapi untuk sementara jumlah mereka belum jelas,” ujarnya.

Saat ini dana sisa mencapai 3,6 M lebih. Jika berlebih nanti akan dibagikan lagi tahap ke dua.

Senada dengan Syaifullah, Zulkifli ketua Ikatan Keluarga Minang Wamena mengatakan bahwa dirinya bertemu wakil gubernur hari ini guna memvalidkan data untuk mendistribusikan dana yang telah terkumpul di Pemprov Sumbar.

(lia/adi)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -