Melek Aturan, Komitmen KPU Kota Padang Jaga Kode Etik

Covesia.com – Pilkada 2020 sudah di depan mata. Sejumlah KPU tidak hanya provinsi tapi kabupaten juga kota tengah sibuk mempersiapkan hal tersebut termasuk KPU kota Padang.

“Februari mendatang KPU kota Padang akan rilis web baru dan lebih informatif,” ungkap ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra kepada awak media, Senin (30/12/2019).

Selain itu Riki mengatakan KPU kota Padang berkomitmen untuk menjaga kode etik KPU. Salah satunya dengan melek aturan, baik larangan ataupun perintah.

“Makan dengan peserta pemilu itu tidak dibolehkan. Makanya KPU kota Padang terus memberikan bimbingan teknis, sosialisasi dan pertemuan pada penyelenggara pemilu,” ungkapnya.

“Kemudian moralitas, soal personaliti kami akan saring di proses seleksi mana yang siap berkomitmen dengan perintah dan larangan,” ujarnya

Lebih lanjut, Riki menuturkan pelaksanaan kampanye untuk Pilkada mendatang tak jauh berbeda dengan pelaksanaan pilkada kota Padang.

Ia juga menerangkan bahwa sementara waktu kampanye hanya 71 hari, tidak 4 bulan seperti biasanya.

Sedangkan perihal pemasangan alat peraga KPU mengatakan belum jelas kita lihat di Juli mendatang.

Azwirman, Divisi Hukum dan pengawasan KPU Kota Padang juga mengatakan bahwa dilakukan pembenahan di internal KPU. “Kami juga memperkuat pengawasan internal untuk panitia adhocknya. Jika ada pelanggaran, KPU berwenang melakukan penyidikan klarifikasi,” ungkapnya.

KPU kab/kota boleh melakukan penyidikan jika terjadi kemungkinan pelanggaran berupa integritas ataupun profesionalitas.

Jika yang melanggar KPU kab/kota dilaporkan ke KPU provinsi, nah jika KPU provinsi yang melanggar maka dilaporkan ke KPU RI.

Ia berharap semua elemen turut mendukung perbaikan KPU ke depannya.

(lia)

0 Comments

Leave a Comment

twenty − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password