Hujan Deras, Tebing Cihalimun Longsor Lagi

Cianjur – Longsor susulan kembali terjadi di Tebing Cihalimun di Desa Mekarsari, Kecamatan Naringgul, Cianjur, Jabar, Minggu (9/11/2014), setelah hujan deras disertai angin kencang, melanda kawasan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Asep Suhara, mengatakan, berdasarkan laporan relawan di wilayah Desa Mekarsari, tebing Cihalimun kembali longsor setelah hujan deras mengguyur dari siang hingga malam menjelang.

“Dibawah tebing terdapat Sungai Cidamar, minggu lalu sudah longsor dan saat ini longsor susulan kembali terjadi. Meskipun tanah longsoran dari tebing tidak terlalu menutup aliran Sungai Cidamar. Sehingga tidak terlalu berpotensi meluap ke pemukiman penduduk di Dusun Sukamaju, Desa Cidamar,” katanya.

Dia menjelaskan, longsoran di tebing tersebut dikhawatirkan berpotensi menyebabkan banjir bandang akibat pendangkalan. Pihaknya mengimbau warga tidak perlu panik, namun waspada perlu ditingkatkan.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana alam terutama banjir bandang, pihaknya telah menempatkan tiga petugas BPBD di wilayah Desa Mekarsari dan tiga petugas di Desa Cidamar. Para petrugas tersebut disiagakan 24 jam dan wajib segera melaporkan ke BPBD setiap ada perkembangan di lokasi.

“Kami siaga 24 jam di wilayah yang rawan bencana. Kalau sudah ada ciri-ciri bencana alam terutama potensi banjir bandang di Cidamar, kami langsung evakuasi warga ke tempat yang aman dari jangkauan longsor dan banjir bandang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cidamar, Jemi, menyebutkan, meskipun tidak ada imbauan dari BPBD untuk segera mengungsi, warga diempat kedusunan selalu mengungsi setiap kali hujan turun deras. Pasalnya warga trauma dengan peristiwa banjir bandang tahun lalu yang menghanyutkan puluhan rumah dan tiga orang tewas.

“Kami hanya berharap adanya pemasangan benteng atau bronjong di bantaran Sungai Cidamar di Dusun Sukamaju. Supaya air Sungai yang meluap tidak langsung mengenai pemukiman penduduk,” katanya. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

1 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password