AS Larang Warga Asing yang Baru Dari China Masuk Wilayahnya

AS Larang Warga Asing yang Baru Dari China Masuk Wilayahnya Ilustrasi (Foto: Antara)

Covesia.com - Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan darurat kesehatan publik di negeri itu terkait wabah virus corona yang bermula dari kota Wuhan, China.

Untuk sementara, pemerintah AS melarang masuk warga negara asing yang pernah bepergian ke China dalam dua pekan terakhir. Aturan baru ini sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran virus mematikan, coronavirus.

Adapun warga negara AS yang baru tiba dari Wuhan dan sekitarnya, akan ditempatkan di sejumlah fasilitas untuk menjalani karantina wajib selama 14 hari.

Menteri Kesehatan AS, Alex Azar mengatakan, warga negara AS yang datang dari wilayah-wilayah lain di China, akan menjalani pemeriksaan kesehatan di titik-titik masuk dan kemudian ditempatkan dalam karantina di rumah mereka di bawah pengawasan otoritas AS.

"Saya hari ini menyatakan bahwa coronavirus menghadirkan keadaan darurat kesehatan publik di Amerika Serikat," kata Azar saat briefing di Gedung Putih, seraya menambahkan bahwa arahan itu akan mulai berlaku pada 2 Februari dari pukul 17:00 waktu setempat.

Sumber: Detikcom

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga