Buang Sampah Sembarangan, Warga Kena Sanksi

Padang – Ini peringatan bagi siapa saya yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat. Bagi yang tidak menjaga kebersihan atau membuang sampah sembarangan, baik warga atau pengunjung akan ada sidang tipiring dan dikenakan sanksi. Dimana akan didenda sebesar Rp5 juta atau tiga bulan kurungan.

“Penerapan sanksi itu sejalan dengan perda tentang pengelolaan sampah yang sudah dijalankan dengan efektif. Saya targetkan pada Mei 2015 Padang sudah menjadi kota yang bersih,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Senin (10/11/2014).

Untuk mewujudkan Kota Padang sebagai kota pariwisata, maka kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Untuk mewujudkan itu tentu melakukannya harus membangun sinergi dengan seluruh komponen masyarakat dan melibatkan Muspida juga pihak swasta.

Hal itu dikarenakan saat ini Pemkot Padang memiliki keterbatasan anggaran karena sudah berada di penghujung 2014. “Keterbatasan tersebut dapat kita atasi dengan melakukan goro bersama pedagang dan Muspida agar bisa menjaga kebersihan kawasan Pasar Raya sehingga nyaman dikunjungi,” kata dia.

Untuk memaksimalkan pengelolaan sampah, Pemkot Padang sudah menganggarkan untuk pengadaan 90 unit becak motor pengangkut sampah yang akan diserahkan kepada Lembaga Pengelola Sampah (LPS) di setiap kelurahan.

Selain itu, warga juga diharapkan dapat melakukan pemilahan sampah organik dan unorganik, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kompos dan melalui bank sampah juga dapat dilakukan daur ulang yang bernilai ekonomi.

Wako menegaskan, para camat dan lurah harus dapat melakukan sosialisasi dan membantu LPS serta menggerakkan warga dalam penanggulangan sampah ini. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

three × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password