Pilkada 2015, Calon Kepala Daerah Tidak Berpasangan

Padang – Persiapan pemilu kepala daerah serentak di Sumatera Barat tahun 2015 disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, termasuk tentang pencalonan yang tidak lagi dilakukan berpasangan.

“Landasan hukum yang kita gunakan untuk menyiapkan pemilu kepala daerah secara serentak ini adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2014. Menurut aturan itu, calon kepala daerah memang tidak lagi diajukan secara berpasangan, tetapi secara perorangan,” kata Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen di Padang, Senin (10/11/2014).

Dia mengatakan, setelah calon kepala daerah terpilih, maka akan menunjuk wakil kepala daerah yang dinilai bisa dan memiliki kapasitas untuk mendampingi hingga akhir masa jabatan.

Penunjukan wakil kepala daerah oleh kepala daerah terpilih itu dinilai bisa menjadi solusi bagi persoalan tidak harmonisnya hubungan pasangan kepala daerah setelah terpilih.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Padang mengatakan, aturan dalam Perppu Nomor 1 Tahun 2014 itu cukup positif, karena memuat solusi tentang sejumlah persoalan yang ditemui pada Pemilu sebelumnya, sementara substansi pemilihan langsung oleh rakyat tetap dipertahankan.

Meski demikian, peserta pemilu dan pihak-pihak yang berkaitan dengan Pemilu memang harus menyesuaikan dengan sejumlah aturan dalam landasan hukum yang baru.

Dia mencontohkan, dalam pemilu kepala daerah sebelumnya, calon kepala daerah diusung berpasangan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dengan komposisi itu, biaya politik yang dikeluarkan secara otomatis akan ditanggung bersama.

“Merujuk aturan baru, Calon Kepala Daerah harus siap menanggung beban biaya itu sendiri. Tetapi, adanya aturan ketat tentang pengeluaran biaya Pemilu dalam aturan yang sama mungkin bisa menjadi salah satu solusi,” kata dia.

Terkait pencalonan Kepala Daerah Sumatera Barat tahun 2015, Irwan Prayitno mengatakan, dirinya telah disepakati sebagai calon tunggal kepala daerah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui mekanisme partai yang telah dijalankan. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

seven + ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password