Koarmatim Peringati Hari Pahlawan di Kapal Perang

Surabaya – Jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan dengan menggelar tabur bunga di geladak kapal perang KRI dr Soeharso-990 yang bersandar di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin.

Upacara dan tabur bunga dipimpin Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, dihadiri antara lain Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Kustanto, Kadipsial Laksma TNI Burhan Wijaya, Komandan Guspurlatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, dan sejumlah pejabat di lingkungan TNI serta Jalasenastri.

Upacara tabur bunga diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, dan pelarungan bunga ke laut oleh Kasarmatim dari geladak KRI dr Soeharso-990, yakni salah satu kapal perang milik TNI AL yang difungsikan sebagai rumah sakit terapung.

“Upacara tabur bunga ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur membela bangsa dan negara, khususnya yang gugur di laut. Kegiatan peringatan Hari Pahlawan juga dilaksanakan di seluruh jajaran Koarmatim,” kata Laksma TNI Aan Kurnia usai upacara.

Menurut dia, peringatan Hari Pahlawan ini juga menjadi momentum untuk menggugah semangat patriotisme dan pengorbanan dari para pahlawan pendahulu.

“Dengan tema ‘Pahlawanku Idolaku’ diharapkan peringatan Hari Pahlawan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap prajurit Koarmatim dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” tambahnya.

Peringatan Hari Pahlawan juga berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya dengan dipimpin inspektur upacara Kolonel Laut (PM) Zulkifli Mahmud. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password