Hujan Deras, Jalan Raya Magetan-Sarangan Longsor

Magetan – Jalan Raya Magetan-Sarangan di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, longsor akibat hujan deras yang melanda kawasan setempat yang merupakan lereng Gunung Lawu, Senin (10/11/2014).

“Kejadian longsornya pada sore tadi. Diperkirakan panjang jalan bertebing yang longsor mencapai 20 meter,” ujar warga desa setempat, Parmin, kepada wartawan.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur selama dua hari terakhir membuat tebing jalan tidak mampu menahan air, sehingga longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Akibat peristiwa itu, hampir setengah badan jalan ambrol. Kondisi itu membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Magetan-Sarangan yang juga merupakan jalan tembus Magetan-Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, mengalami gangguan.

Warga sekitar terpaksa memasang sejumlah tong di tengah jalan guna menandai para pengemudi bahwa jalan mengalami longsor atau ambrol. Selain membuat hampir setengah badan jalan amblas, longsoran material tanah dan batu juga menimpa lahan pertanian yang berada di bawah tebing jalan.

“Banyak tanaman pertanian milik warga yang rusak akibat tertimbun material tanah dan batu. Untungnya saat longsor terjadi tidak ada petani yang bekerja di lahannya,” kata Parmin.

Pihaknya memperkirakan, longsornya jalan tersebut akan terus melebar sebab di sejumlah titik jalan sekitar telah terjadi retakan. Jika tidak segera diperbaiki, dimungkinkan longsor susulan akan terjadi saat hujan deras kembali melanda kawasan setempat.

Ia menambahkan, warga sudah melaporkan kejadian tersebut ke kantor desa setempat, namun hingga kini belum ada petugas berwenang yang datang ke lokasi untuk menindaklanjutinya.

Sesuai data BPBD Magetan, wilayah Plaosan merupakan satu dari sejumlah daerah lain yang rawan terjadi longsor saat musim hujan. Daerah rawan longsor lainnya di antaranya, Kecamatan Parang, Panekan, dan Poncol. Wilayah-wilayah tersebut berada di lereng Gunung Lawu. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

four × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password