Presiden Jokowi Disambut Antusias Publik Beijing

Beijing – Popularitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata tidak hanya datang dari kalangan masyarakat Indonesia di dalam negeri saja namun juga muncul dari para pemimpin dan tokoh negara lain, media asing serta masyarakat Indonesia yang berdomisili di luar negeri.

Hal ini bisa dilihat ketika kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi ke luar negeri di Beijing, Tiongkok, untuk menghadiri pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), kepala-kepala pemerintahan negara adidaya ternyata antre untuk bertemu Presiden Jokowi.

“Konstitusi kita menyatakan bebas aktif jadi saya sendiri mencari kawan juga boleh dong. Mau di sini, di sini, dan kawan sebanyak-banyaknya,” kata Presiden, Senin (10/11/2014) malam.

Hingga hari ketiga kunjungan kerjanya di negeri tirai bambu itu, Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan bilateral dengan antara lain Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin serta Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

“Ada kepentingan-kepentingan mereka. Tentu saja kalau kita melihat adalah kepentingan untuk mencari kawan,” ujarnya.

Namun ia mengatakan semua hubungan tersebut tetap harus menomorsatukan kepentingan rakyat dan kepentingan nasional Indonesia.(ant/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

16 − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password