KPU Minta Masyarakat Melapor Jika Tak Masuk DPS

KPU Minta Masyarakat Melapor Jika Tak Masuk DPS Foto Komisioner KPU Pasaman Barat (Dok Covesia).

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meminta kepada masyarakat yang belum masuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk melaporkan diri agar terdaftar sebagai pemilih di Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis mengatakan pihaknya melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di beberapa tempat strategis seperti di kantor Wali Nagari dan titik - titik yang biasa dijadikan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"DPS yang diumumkan itu adalah untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat tahun 2020. DPS Pasbar berjumlah 259.329 pemilih. Dengan rinciannya adalah laki-laki 128.883 jiwa dan perempuan 130.446 jiwa," kata Alharis di Simpang Empat, Minggu (20/9/2020).

Alharis menyampaikan bahwa pengumuman DPS ini merupakan salah satu tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. 

"Jumlah DPS itu tersebar di 19 Nagari, 11 Kecamatan dan 1.034 TPS se-Pasaman Barat. Untuk itu diminta kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk dapat mencermati serta mencek Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diumumkan, apakah sudah terdaftar atau belum," tambahnya.

Kemudian kata dia, apabila ada masyarakat yang belum terdaftar agar bisa menghubungi dan melaporkannya kepada petugas di posko pelayanan tanggapan masyarakat baik tingkat PPS, PPK atau KPU Kabupaten Pasaman Barat.

"Silahkan datangi posko yang telah kami tetapkan dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga mulai tanggal 19 sampai dengan 28 September 2020," katanya.

Akan tetapi, dirinya menegaskan bahwa Daftar Pemilih Sementara (DPS) merupakan data awal, tentu butuh proses masukan dan tanggapan dari masyarakat untuk menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang lebih sempurna. 

"Sedangkan untuk jadwal Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 16 Oktober 2020 mendatang," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga