Ribuan Pelaku Usaha di Kota Pariaman Terdampak Akibat Pandemi Corona

Ribuan Pelaku Usaha di Kota Pariaman Terdampak Akibat Pandemi Corona Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit. (Peri Musliadi/covesia)
Covesia.com - Sudah hampir satu tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia, khususnya Kota Pariaman, akibatnya banyak pelaku usaha yang merasakan dampak dari hal tersebut.

"Seperti di Kota Pariaman, ada 7.839 pelaku usaha yang merasakan dampak pandemi Covid-19 ini," sebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit, saat Pelatihan Pemasaran Produk UKM secara Online di Balaikota Pariaman, pada Rabu (23/9/2020).

Lanjut Gusniyetti, 1.040 pelaku usaha dari 7.839 tersebut, mereka ini yang usahanya benar-benar terasa dampaknya, sehingga sekarang mereka berusaha kadang tidak.

"Untuk itu, kami akan berupaya meningkatkan semangat pelaku usaha tersebut, sehingga mau rutin kembali menjalankan usahanya," ucapnya. 

Gusniyetti menyebutkan, untuk membangkitkan pelaku usaha tersebut, pihaknya memberikan pelatihan agar para pelaku usaha bisa memasarkan produknya dalam jaringan atau daring (online).

"Kami tidak saja melatih pelaku usaha tersebut dengan mendatangkan narasumber, namun juga membimbingnya sehingga usahanya dapat berkembang kembali," ungkapnya. 

Sebab, kata Gusniyetti produk makanan dan kerajinan asal Kota Pariaman tidak kalah dengan daerah lain, namun yang perlu diperbaiki yaitu kemasan agar pembeli tertarik membelinya.

"Untuk itu kami juga melatih pelaku usaha ini, bagaimana cara memasarkan produk secara daring dengan bentuk yang menarik" ujarnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga