Wapres Ma'ruf Amin Resmi Tutup MTQN Ke-XXVIII Sumbar Secara Virtual

Wapres Maruf Amin Resmi Tutup MTQN KeXXVIII Sumbar Secara Virtual Melalui vertual, Wapres Ma'ruf Amin resmi tutup MTQ ke-28 Sumbar, Jumat (20/11/2020)

Covesia.com - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-XXVIII yang diselenggarakan di Sumatera Barat ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual.

"Pelaksana MTQ mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM unggul dan membuat umat islam lebih dekat dengan Alquran. MTQ menonjolkan sisi keindahan kalimat dalam ayat alquran yang menjadi bagian mukjizat alquran,"ungkap Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Tak hanya itu MTQ juga memiliki nilai strategis dalam memahami ilmu agama hingga umat manusia keluar dari kegelapan. 

Alquran sebagai inspirasi dan landasan berpikir apabila alquran difahami secara benar. Membaca alquran adalah ibadah. 

Alquran tidak boleh dibaca sembarangan dan sesuai kaidah dan tajwid. Alquran tak cukup dibaca saja tapi juga di pahami. 

Untuk memahami alquran diperlukan metodologi. Tak cukup secara arti bahasa saja maka perlu ilmu lain seperti nahwu, saraf, dan asbabun nuzul juga ilmu sosial dan alam sebagai ilmu bantu dalam memahami alquran. 

"MTQ adalah momentum untuk merefleksikan alquran dengan membaca, memahami sesuai standar. Ini cara umat islam mempedomi alquran sebagai petunjuk," jelasnya. 

Kemudian Ma'ruf juga mengatakan bahwa MTQ adalah ajang untuk memperbaiki bacaan, hafalan, dan Pemahaman. Melalui MTQ kita harap generasi emas yang memiliki semangat ilmu untuk kemaslahatan umat dan bangsa. 

" Dengan alhamdulillahhirabiil alamiin Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-XXVIII pada 2020 saya nyatakan ditutup. Semoga Allah melindungi kita semua," tukasnya.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga