Perangi Serangan Cyber, Obama Tetapkan Sanksi Ekonomi

Perangi Serangan Cyber Obama Tetapkan Sanksi Ekonomi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (Foto: Washingtonpost)

Covesia.com - Presiden Barack Obama pada Rabu (1/4/2015), memerintahkan penetapan sanksi ekonomi terhadap para peretas dari Amerika Serikat dan luar negeri, yang memungkinkan pemerintah untuk memblokir aset milik mereka yang terlibat dalam serangan cyber terhadap AS.

"Ancaman cyber menimbulkan salah satu dari masalah keamanan dan ekonomi nasional paling serius bagi Amerika Serikat, dan pemerintahan saya mengejar strategi yang komprehensif untuk menangkal mereka," ujar Obama.

Di bawah putusan itu, Kementerian Keuangan AS akan dapat membekukan atau memblokir aset pihak yang terlibat dalam serangan terhadap jaringan komputer AS yang sangat penting, seperti sistem perbankan atau listrik atau pencurian data seperti informasi kartu kredit.

"Gangguan dan serangan cyber menargetkan bisnis kami, mencuri data rahasia perdagangan, dan merugikan pekerjaan Amerika. Para peretas dari Iran telah menargetkan bank-bank Amerika," terang Obama.

Serangan cyber Korea Utara terhadap Sony Pictures telah menghancurkan data dan mematikan ribuan komputer. Baru-baru ini, lebih dari 100 juta data personal warga Amerika diganggu, seperti informasi tentang kartu kredit dan kesehatan.

Obama juga mengatakan, dia akan menggunakan kewenangan kantor dan pemerintahan, seperti keterlibatan diplomatik, alat kebijakan perdagangan dan mekanisme penegakan hukum, untuk menangkal ancaman yang ditimbulkan dari para aktor cyber yang berbahaya. (ant/uji)

Berita Terkait

Baca Juga