BG Dilantik Jadi Wakapolri, Jenderal Badrodin Haiti Hanya Kapolri Bayangan

BG Dilantik Jadi Wakapolri Jenderal Badrodin Haiti Hanya Kapolri Bayangan Budi Gunawan (Antara)

Covesia.com - Dilantiknya Komjen Pol, Budi Gunawan sebagai Wakapolri, menunjukkan episentrum kekuasaan Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak berada di bawah Kepala Kepolisian (Kapolri), Jenderal Badrodin Haiti.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penanganan Kasus YLBHI Jakarta, Muhamad Isnul di Kantor Pusat YLBHI, Jakarta, Rabu (22/4/2015). Menurut Isnul, BG bukanlah sosok yang dapat diatur atau dibawahi secara pengaruh di kepolisian oleh Kapolri Badrudin Haiti.

"Bisa kita lihat mulai dari Kabareskrim Polri, Direktorat Polri, Penyidik, Humas Polri, sampai Kepala-kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) itu lebih patuh pada BG ketimbang Kapolri kita sekarang," kata Isnul.

Anggota Tim kuasa hukum Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Bambang Widjojanto ini meyakini, kehadiran BG sebagai Wakapolri tidak akan membatasinya untuk mengendalikan institusi Polri.

"Power sesungguhnya itu ada di BG, lihat saja proses penunjukan dia oleh Wanjakti, tidak kurang dari dua hari setelah Kapolri dilantik Presiden. Padahal ia belum lama membuat kegaduhan di masyarakat," tukasnya.

Komjen Pol Budi Gunawan pun dikatakannya sebagai Kapolri bayangan dalam institusi kepolisian. "Karena BG ditetapkan sebagai salah satu sentral di kepolisian. Kita pesimis kriminalisasi aktivis penegak hukum dan pembela korupsi tidak akan berakhir," tandasnya.

(pat/zik)

Berita Terkait

Baca Juga