Pengamat: Jadi Wakapolri, BG Sudah Lewati Perjuangan Panjang

Pengamat Jadi Wakapolri BG Sudah Lewati Perjuangan Panjang Komjen Pol Budi Gunawan (antara)

Covesia.com - Pengamat Sosial Politik, Karyono Wibowo mengatakan publik perlu memaklumi pendamping baru Kapolri Badrudin Haiti, yang tak lain ialah Komjen Pol Budi Gunawan.

Menurutnya, Jendral bintang tiga tersebut sudah melalui tahap perjuangan yang panjang untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap dirinya.

"Dia sudah memperadilkan status tersangkanya di pengadilan, dan Praperadilan telah mengabulkan gugatan dia. Terlepas itu mengundang banyak presepsi tapi putusan pengadilan itu final," kata Karyono di Pasar Festival Kuningan, Jakarta, Kamis (23/04/2015)

Dilantiknya BG sebagai Wakapolri menurut Karyono secara tidak langsung akan memberi dampat bagi perubahan dalam institusi kepolisian. Mengingat Pria yang sempat jadi kandidat Polri itu saat ini dalam masa untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap dirinya.

"Pasti ada perubahan. terlepas nanti ada masalah baru itu soal lain. Juga perlu dicatat, dia BG jadi Wakapolri melalui tahap ketat. Tidak hanya Wanjaktim yang menilai kepatasannya, tapi pejabat Strategis Polri juga dilibatkan," katanya.

Adapun proses penseleksian Wakapolri BG menurutnya, melibatkan beberapa Kapolda, dan pejabat Polri tingkat Komisaris Jenderal. "Jadi sudah bulat, dia sudah dipilih secara holistic oleh institusinya. Mereka semua mendukung BG" Tandasnya. (pjr)

Berita Terkait

Baca Juga