Jum'at Sore Rupiah Menguat Tipis di Rp 13.987 Dalam Transaksi Antar Bank

Jumat Sore Rupiah Menguat Tipis di Rp 13987 Dalam Transaksi Antar Bank Ilustrasi (antara)

Covesia.com - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore menguat tipis sebesar tiga poin menjadi Rp13.987 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.990 per dolar AS.

Analis pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova di Jakarta, mengatakan bahwa nilai tukar rupiah bergerak menguat setelah mengalami fluktuasi di tengah antisipasi kenaikan suku bunga the Fed pada September tahun ini.

"Sentimen dari dalam negeri melalui kebijakan pemerintah yang akan fokus untuk menggerakan sektor riil cukup mampu mengimbangi sentimen eksternal," ujarnya, Jum'at (28/8/2015).

Ia menambahkan adanya pernyataan dari Presiden RI Joko Widodo bahwa pemerintah sudah menyiapkan kebijakan-kebjiakan untuk menghadapi dolar AS diharapkan segera dilaksanakan. Jadi, tidak hanya sekedar wacana di pasar saja.

Kendati demikian, lanjut dia, nilai tukar rupiah masih berpotensi tertekan jika data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat kuartal kedua dan data tenaga kerjanya menunjukan hasil positif, data itu akan mendorong the Fed menaikan suku bunganya pada September nanti.

"Sejauh ini, sebagian investor masih meyakini the Fed akan menaikan suku bunga pada September, maka itu penguatan rupiah masih cenderung terbatas," kata Rully Nova.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat (28/8) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp14.011 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp14.128 per dolar AS.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga