Indonesia Bangun 375,9 Km Jalan dan 6.283,9 Meter Jembatan Tahun Depan

Indonesia Bangun 3759 Km Jalan dan 62839 Meter Jembatan Tahun Depan Ilustrasi pembangunan jalan (foto Kemenkeu/Kukuh)

Covesiacom - Pemerintah pada tahun 2016 berencana membangun 375,9 kilo meter jalan; 6.283,9 meter jembatan; perbaikan jaringan irigasi dan optimasi air seluas 500 ribu hektar.

Seperti dilansir kemenkeu.go.id, pemerintah akan mengarahkan pembangunan infrastruktur tidak hanya di bidang pembangunan konektivitas dan energi, melainkan juga infrastruktur yang dapat menyentuk ekonomi kerakyatan, seperti infrastruktur pertanian, perumahan, air minum, dan sanitasi pada tahun depan.

"Selain pembangunan infrastruktur lainnya secara menyeluruh," demikian disampaikan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat membacakan jawaban pemerintah atas Pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 beserta Nota Keuangannya pekan ini.

Hal ini dilakukan karena pemerintah menyadari bahwa alokasi anggaran bidang infrastruktur harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sehingga memiliki multiplier effect yang besar serta mendorong penciptaan kesempatan kerja maupun mengurangi kesenjangan pembangunan antarwilayah.

"Untuk menjamin pencapaian berbagai sasaran yang telah direncanakan, pembangunan infrastruktur nasional juga akan melibatkan pemerintah daerah melalui pengalokasian dana alokasi khusus di bidang infrastruktur dan dana desa yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur di perdesaan," jelas Menkeu.

Selain itu, pemerintah juga akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui berbagai bentuk investasi pemerintah, seperti fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, termasuk Penyertaan Modal Negara kepada beberapa BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur.

(zik)

Berita Terkait

Baca Juga