Dirawat di Singapura, Surya Paloh Kembali Batal jadi Saksi Patrice Rio Capella

Dirawat di Singapura Surya Paloh Kembali Batal jadi Saksi Patrice Rio Capella Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (antara)

Covesia.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh batal menjadi saksi dalam sidang terdakwa mantan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella karena sedang berada di satu rumah sakit di Singapura.

"Ini ada kiriman surat dari saksi Surya Paloh yang menyatakan tidak bisa hadir karena pada 09.30 waktu Singapura harus terbaring di RS Mount Elizabeth," kata Ketua Majelis Hakim Artha Theresia di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin.

Surya Paloh adalah saksi terakhir yang dipanggil jaksa penuntut umum KPK dalam kasus ini. Ia pun pada 23 November 2015 tidak menghadiri panggilan jaksa tanpa alasan yang diketahui.

Karena Surya tidak hadir maka JPU KPK Ahmad Burhanuddin membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Surya Paloh saat ia diperiksa KPK pada 23 Oktober 2015. Dalam BAP tersebut, Surya mengakui bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pujo Nugroho, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Sumut Partai NasDem yang juga Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry, dan mantan Ketua Mahkamah Partai Nasdem Otto Cornelis Kaligis pada 19 Mei 2015 di Kantor DPP Nasdem Gondangdia.

"Saya pernah bertemu dengan Tengku Erry, Gatot Pujo Nugroho, dan OC Kaligis di kantor DPP Partai Nasdem pada 19 Mei 2015 pukul 10.30 WIB. Kurang lebih 1 bulan sebelumnya minggu pertama April 2015 OC Kaligis pernah meminta saya agar Gatot dapat bertemu. OC Kaligis mengatakan bahwa hubungan Gatot dan Erry tidak harmonis," kata jaksa Ahmad Burhanuddin

Selain itu dalam BAP nya, Surya selaku Ketum Partai NasDem mengaku diminta untuk memberikan saran pendapat terkait perselisihan itu.

"Jadi, kita carikan waktu. Untuk itu maka pada 18 Mei 2015 saya sampaikan ke OC Kaligis, saya akan ketemu Gatot dan bawa sekaligus Erry," ungkap Surya.

(ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga