Bencana Saat Natal, 53 Rumah Hangus Kebakaran di Australia

Bencana Saat Natal 53 Rumah Hangus Kebakaran di Australia Ilustrasi api (COVESIA/Zikri)

Covesiacom - Kobaran api yang tak terkendali di wilayah Australia selatan tepat di saat Hari Natal telah menghanguskan 53 rumah, kata para petugas pada Sabtu (26/12).

Kebakaran tersebut memicu evakuasi di dua kota yang sering menjadi destinasi liburan para pelancong, yaitu Wye River dan Separation Creek, di sebelah barat daya Melbourne pada Jumat.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa 35 rumah hangus di Wye River, 18 hangus di Separation Creek," kata Pemimpin Negara Bagian Victoria Daniel Andrews. Ia mengatakan bahwa untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kita bisa membangun kembali rumah-rumah itu, tentu saja. Banyak hal bisa lebih buruk dari itu," ujar Andrews dalam konferensi persnya.

Ratusan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang dibantu dengan turunnya hujan semalam, tapi datangnya angin menimbulkan kekhawatiran dan beberapa jalan ditutup.

Kebakaran di dekat kota pesisir Lorne itu berawal dari sambaran petir pada 19 Desember, namun berkembang menjadi kobaran api pada Jumat akibat cuaca panas.

(ant/zik)

Berita Terkait

Baca Juga