Indonesia dan Singapura Perbesar Peluang Kerja Sama Ekonomi

Indonesia dan Singapura Perbesar Peluang Kerja Sama Ekonomi Menlu RI dan Menlu Singapura dalam pertemuan di Jakarta, Selasa (12/1). (Foto: Infomed/Kemlu)

Covesiacom - Mengawali tahun 2016, Menlu RI, Retno L.P. Marsudi, menerima Menlu Singapura, Y.M. Dr. Vivian Balakrishnan, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI selasa (12/1). Kunjungan Menlu Singapura ini merupakan yang pertama ke Indonesia sejak dilantik sebagai Menlu pada Oktober 2015.

"Pertemuan ini merupakan pertemuan yang kedua, setelah sebelumnya kedua Menlu bertemu di ASEAN Summit di Kuala Lumpur, November 2015." Demikian pernyataan Kemlu dikutip laman resminya, Rabu.

Singapura merupakan mitra kerja perdagangan kedua terbesar Indonesia setelah Tiongkok. Pada 2014, total nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 42 miliar pada tahun 2014. Sementara di bidang investasi, Singapura adalah investor terbesar di Indonesia dengan realisasi mencapai US$ 5,8 miliar pada tahun 2014. Di bidang pariwisata, Singapura juga merupakan penyumbang wisatawan mancanegara terbesar lebih dari 1,5 juta wisatawan.

Bahas Ekonomi

Kedua Menlu dilaporkan dalam pertemuan kali ini membahas mengenai peningkatan hubungan ekonomi kedua negara. Salah satunya ekspor agribisnis. "Singapura memerlukan produk ini, sementara Indonesia memiliki kapasitas. Kedekatan geografis kedua negara merupakan potensi yang dapat didekatkan," ujar Menlu Retno.

"Kerja sama agribisnis yang akan dilaksanakan antara lain disebutkan di bidang cool storage & infrastructure standard.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu juga membahas berbagai isu penting bagi kedua negara. "Hubungan Indonesia dan Singapura merupakan salah satu hubungan bilateral yang paling intensif karena kedekatan geografis dan hubungan kerja yang erat," ungkap Menlu Retno.

Selain itu dibahas pula potensi kerja sama di bidang tenaga kerja. Menlu Retno menyatakan Indonesia akan meningkatkan kualitas skilled worker khususnya pada bidang-bidang yang mempunyai kebutuhan tinggi seperti therapist dan care giver.

Pertemuan ini juga dimaanfaatkan kedua pihak untuk membahas kerja sama di bidang regional, khususnya ASEAN dan persiapan rencana kunjungan PM Singapura ke Indonesia.

(*/zik)

Berita Terkait

Baca Juga