Turki Bergetar, 10 Wisatawan Tewas Akibat Ledakan Bom Bunuh Diri Isis

Turki Bergetar 10 Wisatawan Tewas Akibat Ledakan Bom Bunuh Diri Isis Iluatrasi Isis

Covesia.com - Seorang pengebom bunuh diri asal Suriah beraksi di jantung distrik turis paling sibuk di Istanbul, Turki, pada selasa pukul 10.00 waktu setempat, 10 orang wisatawan dilaporkan tewas akibat bom bunuh diri tersebut, sebagian besar merupakan wisatawan asal Jerman.

Kanselir Jerman, Angela Merkel , mengatakan, sedikitnya delapan wisatawan Jerman termasuk di antara korban tewas dan memperingatkan warga negaranya untuk menjauh dari tempat-tempat publik dan atraksi turis.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan serangan itu dilakukan oleh "seorang pengebom bunuh diri dari Suriah", sementara Perdana Menteri Ahmet Davutoglu mengatakan pria itu adalah anggota ISIS.

Peristiwa tersebut terjadi di satu monumen dari zaman Mesir kuno yang dibangun kembali oleh Kaisar Romawi, Theodosius, dekat Masjid Biru.

"Ledakan tersebut begitu kuat, tanah bergetar. Bau akibat ledakan begitu menyengat," ujar seorang turis German yang bernama Caroline kepada AFP yang di lansir dari Antara.

Pasca ledakkan, Pemerintah Turki menutup sejumlah tempat wisata terdekat dengan lokasi kejadian seperti Hagia Sophia dan Basilica Cister.

ant/donq

Berita Terkait

Baca Juga