Partai AfD Jerman Dikecam Keras Terkait Komentar Anti-Islam

Partai AfD Jerman Dikecam Keras Terkait Komentar AntiIslam Ilustrasi (AFP)

Covesiacom - Partai populis Alternative for Germany (AfD) Jerman yang berhaluan sayap kanan menuai kecaman keras pada Senin (18/04) setelah dua pemimpinnya menyebut Islam tidak sesuai dengan nilai dan konstitusi negara tersebut.

Partai AfD, yang mengecam keras kebijakan pengungsi liberal Kanselir Angela Merkel, berencana mengadopsi manifesto anti-Islam dalam sebuah konferensi pada bulan ini.

Ketua Dewan Pusat Muslim (Central Council of Muslims) di Jerman Aiman Mazyek menuding bahwa "AfD memanfaatkan gelombang Islamphobia".

"Itu pertama kalinya sejak Hitler Jerman bahwa ada partai yang mendiskreditkan dan mengancam secara eksistensial seluruh komunitas beragama," katanya kepada stasiun penyiaran publik NDR.

Sedangkan anggota parlemen oposisi dari partai Hijau Konstantin von Notz menuduh AfD "sengaja berupaya menjadikan Islam sebagai momok menakutkan untuk menjaring suara pemilih."

Mereka bereaksi terhadap komentar deputi pemimpin AfD sekaligus anggota parlemen Eropa Beatrix von Storch yang mengatakan "Islam merupakan ideologi politik yang tidak sesuai dengan konstitusi Jerman."

(ant)

Berita Terkait

Baca Juga