Aji Padang: Oknum Lapas Kelas 2 B Painan Lecehkan Profesi Wartawan

Aji Padang Oknum Lapas Kelas 2 B Painan Lecehkan Profesi Wartawan Wartawan Padang TV, Robby Oktora Romanza melaporkan Kepala Pengamana Rutan (KPR) Kelas II B Painan, Idris kepada Kepolisian Resort (Polres) Pesisir Selatan (Foto: Covesia)

Covesia.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota padang, Sumatera Barat mengecam tindakan pengusiran dengan kekerasan yang dilakukkan oknum Kepala Pengamanan Rutan(KPR) kelas 2 B Painan kepada wartawan Padang TV Roby Oktora Romanza, saat melakukkan konfirmasi pemberitaan, pada Selasa (19/4).

Ketua AJI Padang, Yuafrizal menilai tindakan tersebut sebagai bentuk sikap tidak menghormati kemerdekaan pers dan melecehkan profesi wartawan.

Sebelumnya, Roby Oktora Romanza dan rekannya Okis Mardiansyah dari Koran padang melakukkan konfirmasi terkait informasi di Rutan 2 B painan. Karena Kepala Rutan tidak berada di tempat, Roby dan Okis diarahkan ke Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas 2 B Painan diruang kerjanya.

Usai memperkenalkan diri ke KPR, Roby dan rekannya menyampaikan maksud kedatangan untuk medapatkan konfirmasi pemberitaan. Namun, yang didapat awak media tersebut malah pengusiran dan kata-kata kotor yang dilontarkan KPR kepada dirinya. Tidak hanya disitu, KPR juga memanggil tiga penjaga Rutan untuk mengusir secara paksa kedua awak media tersebut keluar Rutan.

Atas perlakukan tersebut, Aji Padang mengecam tindakan KPR 2 B Painan bersama tiga penjaga Rutannya, karena dalam melaksanakan tugas peliputan, wartawan mendapat perlindungan hukum. Hal itu dijamin dalam UU Pers No.40 Tahun 1999 Pasal 8.

Karena itu, AJI padang mendorong pihak kepolisian menindak lanjuti laporan Roby kepada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pesisir Selatan, dan mengimbau masyarakat untuk menghormati profesi wartawan dan mendukung kemerdekaan pers.

dnq/zik

Berita Terkait

Baca Juga