Kemenkeu: Pembiayaan Start-up Didukung Lewat Penjaminan Modal Ventura

Kemenkeu Pembiayaan Startup Didukung Lewat Penjaminan Modal Ventura Ilustrasi

Covesiacom - Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyatakan bahwa pemerintah mendukung pembiayaan start-up melalui penjaminan modal ventura.

"Perusahaan rintisan (start-up) berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Beberapa di antaranya bahkan mampu menjadi pesaing bagi perusahaan konvensional," kata laman Kemenkeu pada Kamis (21/4).

Menurut Kemenkeu, perkembangan perusahaan rintisan yang semakin pesat akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan pembiayaan.

"Hal ini seharusnya dapat menjadi peluang bagi perusahaan penjaminan kredit dana modal ventura, guna memperluas pangsa pasar usahanya," demikian Kemenkeu menyatakan.

Pun demikian, disebutkan pula bahwa Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan kalau pemerintah sangat mendukung pembiayaan perusahaan rintisan melalui penjaminan modal ventura.

Menurut dia, ini adalah terobosan yang menjadi angin surga bagi perusahaan rintisan. "Terobosan ini dapat membantu para pelaku UMKM maupun perusahaan rintisan."

Dengan angka Loan to Deposit Ratio (LDR) perbankan nasional hampir mencapai 90 persen, tidak semua pelaku usaha mendapatkan akses pembiayaan perbankan, khususnya perusahaan rintisan.

Dengan adanya penjaminan, diharapkan perbankan akan bersedia memberikan pembiayaan bagi perusahaan rintisan.

"Keterbatasan akses sumber pembiayaan dari perbankan utamanya disebabkan oleh kurangnya kolateral atau jaminan yang dapat disediakan oleh para pelaku UMKM maupun pelaku usaha rintisan," jelasnya saat itu pada Forum Infobank Institute dan Jamkrindo di Jakarta.

(*/zik)

Berita Terkait

Baca Juga