Tambah Runway, Bandara Ngurah Rai Berencana Reklamasi Laut

Tambah Runway Bandara Ngurah Rai Berencana Reklamasi Laut Tambah Runway, Bandara Ngurah Rai Berencana Reklamasi Laut (Foto: Sosmed)

Covesia.com - PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali berencana akan menambah landasan pacu (runway) baru melalui reklamasi di perairan sebelah barat bandara.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Trikora Harjo mengatakan pihaknya masih mengkaji rencana reklamasi tersebut karena perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan provinsi.

"Untuk runway jadi mungkin satu-satunya jalan kalau mau menambah runway lagi dengan cara reklamasi," kata Trikora, Sabtu (23/4/2016).

"Kalau dilihat kondisi saat ini tuntutan dari kebutuhan pariwisata sudah saatnya perlu menambah runway," imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa rencana induk penambahan bandara tersebut sudah dibuat namun semua hal itu masih dalam tahapan pembicaraan antara Pemerintah Provinsi Bali, Angkasa Pura I, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lainnya.

"Masterplan sudah kami buat namun perlu pembicaraan lagi dengan kementerian dan Pemprov Bali," ucap Trikora.

Idealnya, lanjut dia, penambahan satu landasan pacu itu memiliki panjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter seperti dengan runway yang ada saat ini. Namun Trikora belum bisa membeberkan lebih lanjut terkait rencana itu termasuk estimasi anggaran dan waktu pengerjaan landasan pacu baru itu.

Bandar Udara Internasional Ngurah Rai merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia dengan operasional 24 jam. Bandara itu termasuk kategori bandara yang melayani penumpang 15 hingga 25 juta penumpang tiap tahun

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga