Kak Seto : Sosok Kapolri Baru Harus Bisa Jadi Figur Perlindungan Negara

Kak Seto  Sosok Kapolri Baru Harus Bisa Jadi Figur Perlindungan Negara Ketua Dewan Pembina Komisi Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi (Kak Seto) (dok. pribadi)

Covesia.com - Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo akan menunjuk Kapolri baru untuk menggantikan Jenderal Sutarman yang akan purna tugas.

Sejauh ini beberapa nama sudah bermunculan, sepertiKomisaris Jendral Badroeddin Haiti, Komisaris Jemdral Budi Gunawan, Inspektur Jendral Safruddin, Inspektur Jendral Pedji Hartanto, dan Inspektur Jendral Unggung Cahyono.

Menanggapi hal itu,Ketua Dewan Pembina Komisi Perlindungan Anak Indonesia Seto Mulyadi (Kak Seto), menilai calon Kapolri yang tepat untuk mengayomi masyarakat adalah sosok yang tegas, berpihak pada keamanan masyarakat terutama anak-anak. Selain itu juga dapat menjadi figur perlindungan bagi negara.

"Sosok Kapolri itu harus tegas dan dapat memberikan rasa aman terhadap anak-anak," ujar Seto kepada Covesia, Senin (05/01/2015).

Kak seto ini juga menginginkan agar Kapolri yang terpilih nanti dapat menjadi sahabat anak Indonesia. Kepolisian Republik Indonesia juga harus lebih memperhatikan program-program terkait perlindungan anak.

"Saya berharap Kapolri nantinya bisa menjadi sahabat anak dan aktif meningkatkan berbagai program terkait perlindungan anak," paparnya.

Berbagai Program Polisi Sahabat Anak (Polsana) harus lebih ditingkatkan agar kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak dapat dicegah.

"Tidak ada salahnya jika Kapolri nantinya juga mau membacakan dongeng untuk anak-anak, agar mereka merasa lebih dekat dengan kepolisian. Ya, seperti itulah contoh kecil sahabat anak ," imbuhnya.

(peb/lif)

Berita Terkait

Baca Juga