Israel Hancurkan Terowongan Hamas yang Terbentang dari Jalur Gaza

Israel Hancurkan Terowongan Hamas yang Terbentang dari Jalur Gaza Tentara Israel

Covesia.com - Militer Israel telah menghancurkan terowongan Hamas yang terbentang dari Jalur Gaza ke Israel, Minggu (15/4/2018), setelah ketegangan selama lebih dari dua pekan di sepanjang perbatasan kantong Palestina.

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan bahwa terowongan itu adalah terowongan Gaza terpanjang dan terdalam yang ditemukan Israel.

Terowongan itu melintas beberapa meter ke wilayah Israel, tetapi belum memiliki titik keluar, kata juru bicara militer Jonathan Conricus kepada wartawan.

Israel menghancurkan terowongan tersebut, yang menurutnya terhubung dengan beberapa terowongan lain di Gaza dan bisa digunakan untuk melancarkan serangan. Pihak militer menutupnya dengan sejumlah material untuk membuat terowongan itu tidak berfungsi.

"Kami mengisi terowongan dengan material yang membuatnya tidak berguna untuk jangka waktu yang sangat lama," kata Conricus. Bahan-bahan itu tidak menggunakan peledak.

"Menurut penilaian awal kami, terowongan ini memiliki panjang beberapa kilometer, ke Jalur Gaza."

Terowongan itu berasal dari daerah Jabaliya di Jalur Gaza utara dan sedang digali ke arah komunitas Nahal Oz di Israel, katanya.

Itu adalah terowongan Gaza kelima yang dihancurkan oleh Israel dalam beberapa bulan terakhir, kata Conricus.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga