Puluhan Orang Tewas dalam Insiden Jembatan Runtuh Italia

Puluhan Orang Tewas dalam Insiden Jembatan Runtuh Italia Tim penyelamat menyisir reruntuhan dari jembatan Morandi yang runtuh setelah bagian dari jembatan itu menumpa jalur kereta di Genoa pada 14 Agustus 2018. Andrea Leoni/ AFP

Covesia.com - Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini mengatakan, Selasa (14/8/2018), “sekitar 30” orang tewas setelah jalan layang runtuh di Genoa, kota pelabuhan di Italia barat laut.

“Sayangnya ada sekitar 30 orang tewas dan banyak korban luka dalam kondisi serius,” kata Salvini kepada wartawan di kota Sisilia, Catania.

Salvini (45), yang juga menjabat sebagai wakil perdana menteri dan pemimpin partai nasionalis League yang memerintah dengan Five Star Movement, mengatakan dia akan mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas musibah ini.

“Saya telah melewati jembatan ini ratusan kali, dan saya akan berusaha sekuat senaga untuk mencari mereka yang bertanggung jawab, dahulu dan sekarang. Kematian seperti itu tidak dapat diterima di Italia,” imbuhnya.

Salvini yang skeptis terhadap euro juga mengatakan bahwa Italia perlu melakukan investasi besar-besaran dalam infrastrukturnya, yang sebagian besar sudah bobrok, yang mengacu kepada kemungkinan pembatasan dari Uni Eropa seandainya pemerintahnya mengeluarkan dana.

“Ada sebagian besar (infrastruktur) Italia yang perlu dibuat aman, dan jika ada komitmen eksternal yang menghambat kita membelanjakan uang yang kita butuhkan untuk keselamatan jalan raya... kita harus bertanya pada diri sendiri apakah kita akan terus mematuhi komitmen ini atau mengutamakan keselamatan warga Italia,” katanya.

“Jelas saya akan memilih opsi kedua.”

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga