Ganti Menteri, Penerimaan CPNS 2018 Bakal Molor Lagi

Ganti Menteri Penerimaan CPNS 2018 Bakal Molor Lagi Ujian CAT Tes CPNS (Foto: Setkab)

Covesia.com - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 diperkirakan bakal molor lagi. Sebelumnya Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyebutkan penerimaan CPNS bakal dilakukan Agustus ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan molornya penerimaan CPNS disebabkan oleh sejumlah faktor yakni pergantian pejabat baru dan kedua karena Asian Games.

"Butuh waktu ya. Pertama karena pejabat baru, kedua karena Asian Games," ungkapnya, Rabu (15/8/2018) kemarin.

Perihal kembali mundurnya jadwal seleksi CPNS 2018 memang sudah terendus setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan mengganti posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Asman Abnur diganti karena alasan politis dan Jokowi menunjuk Syafruddin yang tengah mengemban jabatan Wakapolri.

Selain harus menyesuaikan dengan posisi barunya, Syafruddin diketahui juga tengah mengemban tugas lainnya yang tak kalah penting, yakni sebagai Chief de Mission Asian Games 2018. Selain harus memecah fokus ke Asian Games 2018 yang baru selesai 2 September 2018, di saat yang bersamaan faktor lain datang dari kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Kebetulan karena Pak MenPAN juga Chief de Mission Asian Games. Ini kan dua perhelatan yang sama besarnya. Ini juga perhelatan Indonesia di mata dunia soalnya. Asian Games baru tanggal 2 September selesainya," terangnya.

Selain itu lanjut Bima, menteri yang baru juga harus memahami terlebih dahulu mengenai penerimaan CPNS sebelum mengambil keputusan.

Sebelumnya diketahui Menteri PAN-RB Syafruddin sendiri mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Jokowi untuk fokus ke Asian Games terlebih dahulu. Dia bilang, semua program yang telah dicanangkan akan dilanjutkan dan dituntaskan sesuai arahan Presiden.

"Saya sudah diizinkan untuk menyelesaikan tugas di Asian Games oleh Bapak Presiden. Jadi setelah ini saya konsentrasi dulu menyelesaikan tugas di Asian Games. Karena waktu tinggal dua hari," katanya.

Rencana pembukaan lowongan CPNS sendiri sudah disampaikan sejak awal tahun ini. Sebelumnya, pemerintah memperkirakan akan mulai membuka lowongan pada akhir Mei 2018, kemudian berubah menjadi setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018.

Lantas, bagaimana nasib penerimaan CPNS 2018? Bagaimana dengan formasi penerimaan dan jadwal pastinya?

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga