7 Napi di Agam Langsung Bebas usai Dapatkan Remisi Hari Kemerdekaan

7 Napi di Agam Langsung Bebas usai Dapatkan Remisi Hari Kemerdekaan (Foto: Johan Utoyo/Covesia)

Covesia.com - Hut RI ke 73 juga mendatangkan kebahagiaan bagi Narapidana yang sedang menjani masa hukuman di lapas klas II B lansano lubuk basung kabupaten Agam, provinsi Sumatera barat, (Sumbar), Sebanyak 122 napi mendapatkan remisi dan tujuh diantaranya dinyatakan langsung bebas.

Penyerahan potong masa hukuman tersebut langsung diberikan secara simbolis oleh Bupati Agam, Indra Catri di lapangan kantor Bupati Agam, usai melaksanakan Upacara Kemerdekaan.

Kepala Lapas Klas II B Lansano Lubuk Basung, kabupaten Agam, Radi Irawan mengatakan, remisi di berikan kepada para napi yang memenuhi persyaratan adminitrasi dan substansi dan dalam masa pembianaan, napi tersebut patuh dan berkelakuan baik.

“ Dari 262 napi yang kita usulkan ke Kemenkumham, hanya 122 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi, dan tujuh diantaranya langsung dibebaskan“ ujarnya kepada Covesia.com, Jumat (17/08/2018).

Dijelaskan Radi, remisi yang diberikan kepada narapidana bermacam-macam, mulai dari pengurangan masa hukuman satu bulan hingga tiga bulan dan 7 orang dinyatakan bebas. Tujuh napi yang dinyatakan bebas merupakan pidana ringan dengan masa hukumansingkat seperti perjudian dan pencurian.

Salah seorang narapidana  yang mendapat remisi, Af, (31) mengaku bahagia atas keringanan yang diberikan, ia tersandung kasus perjudian dan di vonis 8.5 bulan masa tahanan. “ Alhamdulillah saya mendapat keringanan dan dinyatakan bebas, saya senang karena bisa berkumpul kembali bersama keluarga dan berjanji tidak akan berjudi lagi, “ ungkapnya.

(juy)

Berita Terkait

Baca Juga