Bupati Agam: Semangat Kemerdekaan Harus Tertanam di Jiwa Generasi Muda

Bupati Agam Semangat Kemerdekaan Harus Tertanam di Jiwa Generasi Muda (Foto: Johan Utoyo/Covesia)

Covesia.com - Serangkaian kegiatan dilaksanakan  pemerintah kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dimulai dari melakukan ziarah ke makam pahlawan pada Jumat ( 17/08/2018) dinihari hingga dilanjutkan dengan menggelar Upacara Hari Kemerdekaan sekaligus mengadakan silaturahmi dengan para Veteran.

Bersama Forkopimda, kegiatan ziarah dilaksanakan ke makam Siti Manggopoh, yang dikenal dengan sebutan perang manggopoh, Lubuk Basung  tahun 1908 dengan peletakan rangkaian karang bunga dan dilanjutkan dengan upacara hari kemerdekaan dengan pengibaran duplikat sang saka merah putih dan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan langsung oleh ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, dan dilanjutkan dengan silaturahmi kepada para pejuang kemerdekaan di kediaman Bupati Agam.


Dalam pidatonyo Bupati Agam, Indra Catri menjelaskan, perayaan HUT RI merupakan wujud rasa syukur kita terhadap jasa para pejuang yang telah mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan indonesia.

“Upacara yang kita lakukan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan, perjuangan yang dihadapi para nenek moyang kemerdekaan sangat berat, jika tidak dengan dilandasi ikhlas dan semangat yang tinggi,  tidak akan mungkin bambu runcing bisa mengalahkan senjata lengkap para penjajah,“ ujarnya.

Saat ini Indonesia sudah merdeka, lanjut Bupati Agam, namun tugas untuk mempertahankan kemerdekaan juga tidak kalah sulitnya. Semangat patriotisme pahlawan dalam meraih dan merebut kemerdekaan itulah  hendaknya bisa menjadi sebuah motivasi dan pijakan dalam mengisi kemerdekaan.


“Melalui semangat bekerja dan berkarya untuk membangun Kabupaten Agam agar lebih cemerlang dan gemilang tugas mempertahankan kemerdekaan juga sangat berat, terutama untuk generasi muda, Kita berharap generasi muda bisa menumbuhkan jiwa nasionalisa dan mencintai indonesia,” terang Bupati.

Ia berharap para veteran juga bisa menularkan spirit perjuangan kepada anak cucu. Ceritakan kepada generasi muda bagaimanan susahnya memperjuangkan kemerdekaan, tingginya Semangat pantang menyerah dan rela mengorbankaan apapun demi anak cucu bisa merasakan kebebasan dikemudian harinya.


Sementara itu Veteran, asal Agam, H. Z. Basri berharap, dibawah kepemimpinan indra catri -Trinda Farhan Satria kabupaten Agam bisa lebih maju kedepannya.

“banyak tugas berat yang harus dikerjakan Bupati untuk memajukan Agam, diharapkan dengan semangat perjuangan dan ikhlas Bupati bisa membawa kabupaten Agam ke arah yang lebih baik, “ harapnya.

(joy)

Webtorial Pemkab Agam

Berita Terkait

Baca Juga