Erdogan Tunjuk Diri Sebagai Kepala Dana Investasi Turki

Erdogan Tunjuk Diri Sebagai Kepala Dana Investasi Turki Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dailymail)

Covesia.com - Presiden Recep Tayyip Erdogan menunjuk dirinya sebagai kepala dana investasi (SWF) Turki dan menunjuk menantunya yang juga Menteri Keuangan Berat Albayrak sebagai wakil ketua, Rabu (12/09).

SWF adalah kendaraan finansial yang dimiliki oleh Negara yang memiliki atau mengatur dana publik dan menginvestasikannya ke aset–aset yang luas serta beragam dalam upaya menstabilkan ekonomi terutama investasi dan tabungan.

Zafer Sonmez, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala SWF Malaysia Khazanah Nasional Bhd untuk lingkup Turki dan Afrika, ditunjuk sebagai manajer umum SWF Turki dalam sebuah keputusan kepresidenan yang dirilis di surat kabar pemerintah.

Salah satu penasihat Erdogan yang terkenal memberikan pernyataan-pernyataan aneh, Yigit Bulut, dikeluarkan dari dewan SWF Turki, sedangkan sejumlah anggota dewan baru dimasukkan, termasuk Rifat Hisarciklioglu, presiden Persatuan Kamar dan Bursa Komoditas Turki (TOBB).

Erdogan pada tahun lalu mengatakan bahwa SWF membutuhkan "reorganisasi" setelah kepala pertama Mehmet Bostan didepak dari jabatannya pada September 2017.

SWF Turki didirikan pada Agustus 2016 dan puluhan miliar aset negara termasuk Ziraat Bank yang sepenuhnya milik negara dipindahkan ke lembaga tersebut pada 2017.

Aset lainnya yang dimiliki SWF meliputi kepemilikan 49,12 persen saham di maskapai penerbangan Turki (Turkish Airlines), serta sejumlah perusahaan milik negara seperti kantor pos Turki PTT. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga